#MadrasahHebat
#MadrasahBermartabat
Image is not available
Image is not available
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider
Home / Berita / Hand Sanitizer Kampus Ungu

Hand Sanitizer Kampus Ungu

Satu lagi karya inovatif dari ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAS Al-Muhajirin Tugumulyo, yaitu produk kesehatan Hand Sanitizer. Setelah inovasi-inovasi sebelumnya yaitu tinta spidol dari Daun Jati (Tectona grandis), Kerupuk Kulit Jeruk, serta cemilan Stik Enceng Gondok telah diajukan menjadi Inovasi daerah Musi Rawas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Semoga produk Hand Sanitizer ini dapat menyusul inovasi sebelumnya untuk masuk menjadi daftar Inovasi Daerah Kabupaten Musi Rawas.

Dibawah kepemimpinan Pembina Ekskul KIR yang baru, Ibu Maharani S.T. ternyata tidak menyurutkan semangat siswa-siswi MAS Al-Muhajirin untuk terus berkarya dan berinovasi walaupun ditengah Pandemi seperti ini. Sebagaimana slogan PMD Musi Rawas, ATM = Amati, Tiru, dan Modifikasi. KIR Al-Muhajirin mampu menghasilkan produk kesehatan dalam bentuk Hand Sanitizer yang terjangkau, Efektif dalam membunuh kuman, virus, bakteri, dan tentunya terbuat dari bahan-bahan alamiah sehingga aman untuk digunakan, serta mengingat Hand sanitizer sekarang ini telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang dalam mencegah penyebaran virus corona.

Setelah melakukan penelitian selama beberapa hari, akhirnya diperoleh komposisi serta takaran yang balance, sehingga diperoleh Hand Sanitizer yang sesuai apa yang diharapkan.

Bahan-bahan alamiah yang digunakan diantanya yaitu Aloevera dan ekstrak lemon dengan takaran yang pas sehingga tidak lengket ketika digunakan. Bahan lainnya yang tak kalah penting yaitu takaran kadar alkohol dengan konsentrasi 70% berpedoman pada standar WHO minimal hand sanitizer itu menggunakan kadar alkohol 60% untuk bisa membunuh kuman. Berdasarkan presentase tersebut, kadar alkohol 70% bila dicampur dengan bahan-bahan lain (Aloe vera dan ekstrak lemon) ini akan mengalami pengenceran alkohol menjadi sekitar 65%. Jika menggunakan alkohol 90% keatas mungkin sangat efektif dalam membunuh kuman, tapi akan berdapak fatal bagi konsumen karena jika hand sanitizer ini gunakan oleh orang-orang yang alergi terhadap alkohol akan menyebabkan efek samping gatal-gatal pada kulit mereka.

Menurut medis, alkohol selain menimbulkan gatal-gatal dan kemerahan juga menyebabkan kering pada kulit, namun bagi konsumen yang menderita alergi alkohol tidak perlu khawatir. Walaupun kadar alkohol yang digunakan rendah, aloe vera berfungsi sebagai pelebab dan anti iritasi. Sedangkan untuk ekstrak lemon yang mengandung vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan melindungi kulit dari kerusakan. Dan mengatasi peradangan kulit yang disebabkan kekeringan. Itulah beberapa kelebihan dari Hand Sanitizer Kampus Ungu.

Pada hari Sabtu, tanggal 22 agustus 2020 kemarin, telah launching produk pertama Hand Sanitizer Kampus Ungu sebanyak 25 botol ukuran 50mL. Launching produk pertama ini merupakan sampel awal untuk pemesanan sebanyak 100 botol dari salah satu kostumer. Bahkan sekarang KIR MAS Al-Muhajirin Tugumulyo sedang dalam proses produksi masal Hand Sanitizer sebanyak 2000 botol.

Pembina KIR AL-Muahjirin, Ibu Maharani, S.T. berharap produk hand sanitizer mereka banyak diminati oleh masyarakat. “Saya berharap hand sanitizer ini disukai konsumen atau banyak peminatnya. Apalagi dilihat dari bahan produknya benar-benar herbal kecuali alkohol karena untuk bahan alkohol ini kita belum bisa gantikan. Terus kalau ada kostumer bertanya atau berfikir ‘apa gak basi ini produknya?’. Saya kira tidak karena prosesnya ini sistem fermentasi 24 sampe 48 jam.”

Tambahnya, “Walaupun blm ada uji secara klinis. Produk ini merupakan karya anak-anak KIR Al-Muhajirin yg mereka kerjakan secara manual dengan alat sederhana tapi kualitasnya bagus. Terus perlu saya tambahkan lagi hand sanitizer ini super wangi. Walau sudah kering ditangan tp wanginya tetap bertahan dan tidak meninggalkan bau alkohol yang terkandung didalamnya”. (MHD-02)

Check Also

PELANTIKAN OSIM MAS AL MUHAJIRIN TUGUMULYO

MAS Al Muhajirin Tugumulyo, melakukan pelantikan pengurus anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) untuk masa …