#MadrasahHebat
#MadrasahBermartabat
Image is not available
Image is not available
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider
Home / EKTRAKURIKULER / Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

A. DEFINISI
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian-bagiannya.
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang.

B. TUJUAN
Secara umum, ekstrakulikuler Kelompok Ilmah remaja (KIR) di M.A Al-Muhajirin Tugumulyo  memiliki tujuan “Untuk meningkatkan kreatifitas, pengalaman, dan disipin, serta daya juang siswa dalam menguasai dan mengimbangi perkembangan IPTEK untuk dapat bersaing pada era globalisasi”. Tujuan khusus, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan peran sekolah sebagai institusi pendidikan dan pengembangan bakat siswa.
  2. Memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran,  menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
  3. Merangsang ketertarikan siswa untuk telibat dalam aktualisasi sikap-sikap ilmiah, proses-proses ilmiah dan pembuatan produk ilmiah
  4. Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa dalam bidang ilmiah
  5. Meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam usaha mengadaptaptasi, menggunakan, dan memanfaatkan, serta mengikuti perkembangan IPTEK
  6. Meningkatkan kesadaran, disiplin, dan daya juang untuk memiliki dan menguasai IPTEK
  7. Merangsang siswa untuk mengimplementasikan metode, teknik, serta prosedur ilmiah
  8. Mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran, dan memecahkan gejala alam yang ditemui secara ilmiah

C. VISI, MISI, DAN SEMBOYAN KIR

VISI:

“MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP ILMIAH, KREATIF, PRODUKTIF, DAN KOMPETITIF”

MISI:

  1. Menumbuhkan sikap ilmiah para anggota KIR yang berlandaskan IPTEK dan IMTAQ.
  2. Menjadikan wadah untuk mengembangkan kreativitas siswa untuk menciptakan suatu produk ilmiah
  3. Menciptakan atmosfer organisasi dengan nilai-nilai kekeluargaan dan saling membesarkan serta memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan organisasi
  4. Menjalin hubungan yang erat dengan organisasi-organisasi internal dilingkungan sekolah
  5. Menjadikan wahana dalam membentuk kepribadian diri yang matang
  6. Membina disiplin diri melalui kegiatan penelitian di lingkungan sekolah dan masyarakat.

SEMBOYAN :
“Brilliant Scientist”

D. PESERTA
Peserta yang menjadi anggota ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah siswa-siswi M.A AL-Muhajirin dan warga sekolah yang  mempunyai minat dan bakat pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

E. KURIKULUM PEMBINAAN KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR)
1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam pembinaan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah sebagai berikut :

No STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1 Menerapkan konsep dan prinsip dasar Penelitian Ilmiah Mendiskripsikan Hakekat Penelitian IlmiahMenerapkan bahasa Sebagai Sarana Berfikir IlmiahMenerapkan Penulisan Karya Ilmiah
2 Menerapkan konsep dan prinsip dasar Penelitian Ilmiah Kualitatif Menyusun Rancangan PenelitianMenyusun Usulan (Proposal) PenelitianMenyusun Laporan Penelitian
3 Menerapkan konsep dan prinsip dasar Penelitian Ilmiah Kuantitatif Melakukan Pengumpulan DataMelakukan Pengolahan Data

2. Standar Pembinaan Kelompok Ilmiah Remaja adalah sebagai berikut :

NO JENIS KOMPETENSI KRITERIA KOMPETENSI
1 Kompetensi Minimal a) Mencapai SK 1
b) Telah melakukan 1 – 2 kali penelitian
2 Kompetensi Madya c) Mencapai SK 2
d) Telah melakukan 3 – 5 kali penelitian
3 Kompetensi Paripurna e) Mencapai SK 3
f)Telah melakukan lebih dari 5 kali  penelitian

3. Strata Pembinaan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah sebagai berikut :

No STRATA KRITERIA
1 Pra Peneliti Belum Mencapai Kompetensi
2 Peneliti Pemula Tingkat I Mencapai Kompetensi Minimal
3 Peneliti Pemula Tingkat II Mencapai Kompetensi Madya
4 Peneliti Pemula Tingkat III Mencapai Kompetensi Paripurna

F. INDIKATOR KEBERHASILAN PEMBINAAN KELOMPOK ILMIAH REMAJA

  1. Diperoleh pemetaan pengetahuan dan keterampilan penelitian pada peserta didik
  2. Peserta didik dapat melakukan penelitian sederhana sesuai prosedur penelitian ilmiah
  3. Peserta didik dapat menyusun Karya Ilmiah
  4. Peserta didik memiliki kesadaran terhadap permasalahan yang ada disekitarnya dan berusaha mencari penyelesaiannya
  5. Peserta didik memiliki sikap hidup yang ilmiah.

G.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bersifat fleksibel. Namun kegaiatn rutin dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, pada hari Selasa pukul 13.00 s.d 15.00, bertempat di Laboratorium IPA atau di ruang kelas M.A Al-Muhajirin Tugumulyo.

H. BIAYA KEGIATAN
Untuk membiayai pelaksanaan pelatihan dan pembinaan ekstrakurikuler KIR di M.A Al-Muhajirin Tugumulyo berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) M.A Al-Muhajirin Tugumulyo sebagai pihak penanggung jawab program ekstrakurikuler KIR. Sedangkan untuk membiayai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, berasal dari pengumpulan uang kas dari peserta didik dan biaya mandiri dari peserta didik yang bersangkutan serta APBS Madrasah dan juga dari fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah.

I. STRUKTUR KEORGANISASIAN

J. TUGAS DAN JABATAN PENGURUS KIR

NO JABATAN TUGAS
1 Ketua KIR – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Bertanggung jawab atas sekretaris, bendahara dan wakil.
– Berkomunikasi dengan Pembina, Alumni, dan Osis.
– Bertanggung jawab atas Proker.
– Bertanggung jawab atas Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) setiap acara.
2 Wakil Ketua KIR – Berkoordinasi dengan Ketua.
– Menggantikan ketua disaat berhalangan.
– Memimpin dan bertanggung jawab atas Divisi.
3 Sekretaris – Berkoordinasi dengan ketua.
– Membantu ketua membuat proker dan LPJ.
– Mengatur surat masuk dan surat keluar.
– Menjadi notulis dalam rapat internal dan eksternal.
– Membuat absensi.
4 Bendahara – Berkoordinasi dengan ketua.
– Mengatur pemasukan dan pengeluaran.
– Bertanggung jawab atas uang Kas.
5 Divisi MIPA – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Mengkoordinasi dan bertanggung jawab setiap kegiatan internal KIR yang berhubungan dengan praktikum MIPA.
6 Divisi Lingkungan – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Mengkoordinasi dan bertanggung jawab setiap kegiatan internal dan eksternal KIR yang berhubungan dengan Lingkungan.
7 Divisi Sarana Prasarana – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Berkoordinasi dengan Divisi MIPA.
– Menyediakan tempat yang dibutuhkan untuk kegiatan KIR.
– Menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan KIR.
8 Divisi Humas – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Mengurus komunikasi dan hubungan eksternal KIR (OSIS, KIR Sekolah lain, lembaga-lembaga terkait, dsb).
– Mencari informasi acara-acara eksternal KIR (misal:lomba, kompetisi, dll).
9 Divisi Kaderisasi – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Berkoordinasi dengan Humas.
– Menjaga hubungan internal KIR.
– Menginformasikan kegiatan internal KIR kepada seluruh pengurus dan anggota.
10 Divisi Jurnalis – Berkoordinasi dengan wakil ketua.
– Bertugas mendokumentasikan setiap kegiatan internal dan eksternal KIR
– Bertugas membuat kliping berita setiap kegiatan KIR di Mading

K. MAKNA LOGO KIR M.A AL-MUHAJIRIN

  1. LIMA MAHKOTA bunga yang menjadi dasar bentuk logo KIR menyimbolkan bahwa kedepannya KIR akan selalu ada dan mekar sepanjang masa. Dua garis hitam tebal menyiratkan ketebalan tekad para anggota KIR untuk terus berinovasi.
  2. WARNA BIRU membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi, hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan.
  3. TULISAN KIR DAN M.A AL-MUHAJIRIN  berwarna merah melambangkan simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action)
  4. PADI menggambarkan Potensi yang masih Hijau atau Muda. Pemuda yang selalu ingin maju, Pemuda yang masih ingin terus mencari, Pemuda yang punya potensi untuk Matang. Hingga akhirnya menguning. Setelah menguning dan matang, makin merunduk menunjukkan ketawadhukan. Meninggalkan kesombongan, dan terus mau belajar. Hingga Akhirnya mampu bermanfaat bagi semua pada waktunya. Bulir padi yang berjumlah 19 melambangkan tahun dibentuknya KIR di M.A. Al-Muhajirin, yaitu tahun 2019.
  5. ELANG memiliki pandangan yang tajam dan luas. Warna biru merangsasng pemikiran jernih. Gambar kepala elang berwarna biru, memiliki makna bahwa KIR memiliki pandangan yang luas dan tajam serta memiliki pemikiran jernih dan tenang.
  6. LUP melambangkan bahwa kegiatan KIR selalu menjunjung tinggi sikap keilmiahan, yaitu: sikap ingin tahu, sikap kritis, sikap terbuka, sikap objektif, sikap menghargai karya orang lain, sikap berani mempertahankan kebenaran, dan sikap futuristik (menjangkau masa depan dan berpandangan jauh).
  7. GAMBAR BUKU memberikan makna bahwa setiap anggotanya selalu haus akan pengetahuan dan berinovasi.
  8. PITA PUTIH Merupakan suatu tekad dari KIR  untuk terus berjuang dengan penuh semangat, ikhlas dan taqwa untuk bekerja dengan keikhlasan. 

L. PROGAM KERJA KELOMPOK ILMIAH REMAJA M.A AL-MUHAJIRIN

  1. Melakukan konsep pada setiap praktikum berupa Teori – Praktek – Kesimpulan agar tujuan praktikum dapat tersampaikan dengan baik.
  2. Membuat blok untuk setiap praktikum yang ingin disampaikan sesuai bidang mata pelajaran sains (Fisika, Kimia, dan Biologi).
  3. Menciptakan sebuah produk inovasi yang tepat guna.
  4. Mengadakan penilaian dan kompetisi internal dalam KIR agar anggota dapat  memiliki inovasi dan kreatifitas dalam berkompetisi.
  5. Menggalakkan kegiatan pelestarian lingkungan.
  6. Mengadakan lomba cerdas cermat (LCC) dalam lingkungan sekolah M.A Al-Muhajirin Tugumulyo
  7. Mengikuti berbagai lomba keilmiahan untuk menjadikan KIR sebagai eskul yang kompetitif
  8. Melakukan studi wisata ilmiah sebagai kegiatan nyata untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan pengamatan langsung terhadap suatu produk ilmiah.
  9. Selalu meningkatkan kebersamaan antar inti maupun anggota KIR agar tidak terjadi kesenjangan dalam kestrukturan organisasi internal dalam suatu ekstrakulikuler.

* Agenda kegiatan ekstrakulikuler KIR dapat berubah sewaktu-waktu atau dapat bertambah apabila ada agenda kegiatan lain yang resmi dari sekolah maupun kebijakan lain dari internal KIR.

GALERI KEGIATAN

pengukuhah anggota baru angkatan-II
kunjungan bpk Camat Tugumulyo
pelatihan Robotic di STKIP PGRI LLG
kunjungan Dinas PMD
Latgab KIR MAS AL-Muhajirin dan KIR SMAN Megang SAkti

Link Formulir Pendaftaran Anggota Baru Angkatan ke-III (2020-2021)

>>> [DAFTAR] <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *