Home / Berita / MA Al Muhajirin Jalin Kerjasama dengan Teknik Motor Akademi Jakarta Pusat

MA Al Muhajirin Jalin Kerjasama dengan Teknik Motor Akademi Jakarta Pusat

DSC04406Alhamdulillah, MOU (memorandum of understanding) antara Madrasah Aliyah Al Muhajirin Tugumulyo dengan Teknik Motor Akademi (TMA) di Jl. K.S. Tubun No.52-53 Petamburan Jakarta Pusat 10260 telah disepakati. Nota Kesepahaman tersebut telah disepakati oleh Warman sebagai pemilik Teknik Motor Akademi dan Miswandi, S.Ag sebagai Kepala MA Al Muhajirin Tugumulyo. MOU disepakati oleh kedua belah pikah pada tanggal 4 Februari 2016.

Bapak Miswandi, S.Ag yang datang ke TMA didamping oleh Waka kurikulum Bapak Fathurrozi, S.Sos.I, mengakatan bahwa “pihak TMA bersedia membina dan melatih siswa MA Al Muhajirin Tugumulyo selama 2 bulan. Pelatihan Insya Allah akan laksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2016”. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “Teknik Motor Akademi ini menjadi tempat pelatihan yang dipilih Madrasah pada tahun 2016.  Untuk tahun sebelumnya yakni tahun 2015 MA Al Muhajirin Tugumulyo bekerjasama dengan Hartomo Mechanical Training Center (HTMC) di Jl. Raya Tole Iskandar 9 A-B Depok 166415.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak tahun 2015 Madrasah Aliyah Al Muhajirin Tugumulyo mengirim siswa untuk dilatih keterampilannya. Pelatihan bidang teknik mesin dan manajemen perbengkelan ini di khususkan untuk siswa kelas XII yang memilih jurusan Teknik Mesin dan Manajemen Perbengkelan MA Al Muhajirin Tugumulyo. Untuk tahun ini siswa yang akan dikirim lebih banyak dari tahun sebelumnya, insya Allah lebih dari 40 siswa yang akan dikirim ke TMA untuk mengikuti pelatihan. Sedangkan pada tahun 2015 peserta pelatihan diikuti oleh 25 siswa.

Bapak Miswandi, S.Ag mengharapkan pelatihan yang akan insya Allah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2016 ini berjalan dengan lancar, lebih baik dari tahun sebelumnya. Begitupun dengan siswanya, diharapkan dapat mengikuti pelatihan sampai bisa tanpa melewatkan materi-materi pelatihan yang akan diberikan oleh instruktur pihak Teknik Motor Akademi di Tamburan Jakarta Pusat.

Munurut Bapak Fathurrozi, S.Sos.I yang saat itu ikut mendampingi Kepala Madrasah meninjau lokasi, TMA memiliki Fasilitas Dan Prasarana Training diantaranya adalah, Instruktur-instruktur yang berpengalaman standar akademi, peserta mendapatkan 3 pcs baju kaos seragam, 1 pcs buku panduan dasar serta mess secara cuma-cuma (khusus peserta dari luar daerah) Lantai I dan II : Ruang praktek bongkar pasang dan ruangan modifikasi aksesoris, Lantai III : Ruang teori, ruang komputer dan ruang praktek kelistrikan, Lantai IV : Ruang praktek service (troubleshooting), ruang makan/istirahat serta Mushola, Lantai V : Mess gratis untuk siswa dari luar kota.

Selain itu lebih lanjut Bapak Fathurrozi, S.Sos.I menyampaikan bahwa kurikulum yang diterapkan TMA adalah 90% Praktek 10% Teori, Praktek bongkar pasang tentang dasar-dasar mesin, Konstruksi dasar dan cara kerja mesin, Service/Troubleshooting, Modifikasi accessories, Basic mentality, Manajemen perbengkelan, Kewirausahaan, Dasar-dasar kepemimpinan, 5R & safety.

Check Also

Rapat Persiapan Pelatihan di Techno Motor Academy

Menindak lanjuti rencana magang tahun 2015/2016, pada awal masuk tahun pelajaran 2016/2017 hari ini 22/07/2016 …