Home / Berita / Kunjungan Bapak Camat Kecamatan Tugumulyo

Kunjungan Bapak Camat Kecamatan Tugumulyo

Rabu, 23 Oktober 2019 MAS Al Muhajirin Tugumulyo menerima rombongan Bapak Camat dari pemerintahan kecamatan Tugumulyo. Bapak Camat berserta ibu Sekcam rombongan Ibu-Ibu penggerak PKK tingkat kecamatan ini disambut langsung oleh Kepala Madrasah Bapak Fatkurrozi, S.Sos.I sekitar pukul 10.00 wib. Kedatangan Bapak camat dan ibu-ibu penggerak PPK ini berkaitan dengan adanya produk olahan cemilan berupa kerupuk kulit jeruk yang dibuat oleh Kelompok Ilmiah Remaja MAS Al Muhajirin Tugumulyo. Bapak Camat beserta rombongan berkunjung ke MAS Al Muhajirin bermaksud untuk melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kerupuk kulit jeruk ini.

Bapak M. Badrun selaku Camat Kecamatan Tugumulyo dan Ibu-ibu penggerak diterima di ruangan kepala Madrasah. Setelah mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan. Beliau langsung diajak kepala madrasah ke ruangan laboraturium MIPA yang menjadi tempat eksperimen para siswa yang tergabung dalam KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Dalam ruangan terlihat para siswa sedang mengolah dan mempersiapkan proses pembuatan kerupuk kulit jeruk. Bapak Achmad Hadi, S.Pd yang menjadi pembina OSIM sekaligus pembina KIR ini sedang mengarahkan proses pebuatannya.

Kerupuk kulit jeruk ini terlahir dari keinginan kepala madrasah bahwa madrasah harus memiliki produk unggulan yang bisa dipasarkan dan dinikmati masyarakat. Untuk itu Bapak Achmad Hadi, S.Pd bersama siswa-siswi bimbingannya bereksperimen membuat kerupuk, sebelum kulit jeruk eksperimen dilakukan dengan mengolah kulit pisang dan mangga, namun hasil aromanya kurang begitu khas, sehingga dipilihlah kulit jeruk dan hingga kini masih terus diperbaiki komposisi bahannya.

Kepala Madrasah Bapak Fatkurrozi, S.Sos.I sangat berterima kasih atas kunjungan bapak Camat beserta rombongan ibu-ibu penggerak PKK. Harapan beliau setelah kunjungan ini ada suatu bentuk perhatian dari pemerintah tingkat kecamatan ataupun bahkan tingkat kabupaten. Setidaknya bantuan dalam bentuk penerbitan BPOM, izin produksi, label halal bahkan hak patennya. Lebih dari itu beliau berharap ada upaya dari pemerintah untuk membatu dalam mengembangan hasil eksperimen ini baik dalam bentuk pemberian bimbingan atau produksi dalam skala menengah sehingga hasil produksi ini bisa dipasarkan dimasyarakat dan dapat memiliki nilai ekonomi.

Menyambut harapan kepala madrasah tersebut Bapak M. Badrun mengatakan bahwa pihak pemerintah akan berusaha untuk mewujudkan harapan tersebut utamanya adalah penerbitan izin dalam produksi, medaftarkan di Depkes, membantu mendapatkan label halal bahkan bila perlu alat-alat yang diperlukan dalam proses produksi akan kita bantu.

Setelah memperhatikan para siswa mempraktikkan pembuatan kerupuk kulit jeruk dengan antusias, Bapak M. Badrun tak henti-henti memberikan dorongan dan semangat untuk selalu berkarya, karena MAS Al Muhajirin ini berada di darerah pemerintahan kecamatan Tugumulyo, maka tidak mungkin jika produk ini bisa dipasarkan di luar daerah atau bahkan luar negeri ini akan membawa nama baik Pemerintah kecamatan Tugumulyo.

Bukan saja para siswa yang mempraktikan pembuatanya, ibu-ibu penggerak PKK juga diberi kesempatan untuk mencoba dalam proses penggorengannya yang cara penggorengannya tidak seperti menggoreng kerupuk biasa. Dengan intruksi yang diberikan oleh siswa Ibu-ibu penggerak PKK ini mempraktikan cara menggoreng, dalam kesempatan ini dilakukan oleh ibu sekcam. (PA-01)

 

Check Also

Pemilihan Ketua OSIS MAS Al Muhajirin Tugumulyo

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan organisasi sekolah yang dalam struktur organisasi dari ketua sampai …