Home / Berita / KKM MA Al Muhajirin Rumuskan Soal Ujian Sekolah Tahun 2016

KKM MA Al Muhajirin Rumuskan Soal Ujian Sekolah Tahun 2016

DSC04423Cuaca yang tidak mendukung tidak menjadi halangan bagi guru-guru yang diundang ke MA Al Muhajirin Tugumulyo. Mereka diundang ke Madrasah Aliyah Al Muhajirin Tugumulyo adalah dalam agenda pembuatan soal bersama untuk diujikan pada Ujian Sekolah di Lingkungan KKM MA Al Muhajirin Tugumulyo (6/2). Pembuatan Soal US dilakukan bersama-sama, guru dibentuk kelompok sesuai dengan mata pelajaran yang mereka pegang/ajarkan. Yang mereka lakukan pada pertemuan ini adalah merumuskan, membuat kunci jawaban soal Ujian Sekolah sesuai kisi-kisi yang sudah dibagikan sebelumnya, selanjutnya soal diketik dan dikumpulkan ke MA Al Muhajirin Tugumulyo untuk diedit layoutnya.

Adapun guru yang datang lebih dari 50% yang datang, ini sudah cukup menggembirakan karena dengan cuaca hujan mereka tetap datang. Adapun guru yang hadir diantara dari MAN Muara Kelingi 2 Orang, MA Al Muhajirin 10 orang, MA Riyadusholihin 5 orang, MA Rahmatullah 3 Orang, MA Mujahidin 3 Orang, MA Miftahusalam 1 Orang, MA Babussalam 3 Orang. Dengan total 27 orang guru yang datang telah sukses merumuskan dan membuat soal US sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Lebih rinci lagi dari 27 Orang guru tersebut terbagi beberapa kelompok berdasarkan mata pelajaran, yakni 4 Orang guru mata pelajaran Matematika, 3 Orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3 Orang guru mata pelajaran Bahasa Inggris, 4 Orang guru mata pelajaran Biologi, 3 Orang guru mata pelajaran Fisika, 2 Orang guru mata pelajaran Kimia, 4 Orang guru mata pelajaran Geografi, 2 Orang guru mata pelajaran Sosiologi, 2 Orang guru mata pelajaran Ekonomi

Dengan pembuatan soal US yang dilakukan secara profesional meliputi, pembuatan soal, telah soal, perakitan, analisa soal, dan bank soal. Materi soal harus sesuai dengan isi kurikulum yang pakai, komponen-komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami, soal-soal dapat dibuat dengan indikator dan bentuk soal yang telah ditetapkan. Sedangkan pemilihan materi dalam penyusunan kisi-kisi harus memperhatikan faktor urgenitas, relevansi, kontinuitas, dan konstektual. Bapak Fathurrozi, S.Sos.I menegaskan melalui fungsi kontrol yang baik serta standar kualitas dan mutu soal yang berbobot, pihaknya menjamin kebocoran soal dapat ditekan seminimal mungkin. “Kejujuran adalah prinsip utama yang harus kita junjung tinggi bersama”.

Check Also

Rapat Persiapan Pelatihan di Techno Motor Academy

Menindak lanjuti rencana magang tahun 2015/2016, pada awal masuk tahun pelajaran 2016/2017 hari ini 22/07/2016 …