Home / Berita / MA Al Muhajirin bersama Puskesmas C. Nawangsasi Selenggarakan Penyuluhan Tentang NAPZA dan Kesehatan Jiwa

MA Al Muhajirin bersama Puskesmas C. Nawangsasi Selenggarakan Penyuluhan Tentang NAPZA dan Kesehatan Jiwa

Madrasah Aliyah Al Muhajirin merupakan Madrasah yang memiliki jumlah siswa yang cukup banyak dibanding sekolah/madrasah lain di Kabupaten Musi Rawas, siswa/siswi di madrasah ini merupakan usia remaja yang sangat rentan dengan pemakaian Napza. Untuk itu pihak madrasah bekerja sama dengan Puskesma C. Nawangsasi untuk mengadakan penyuluhan kepada siswa tentang Kesehatan Jiwa dan Napza.

Menurut Kepala Madrasah siswa saat ini sangat rentan dengan pemakaian obat terlarang, maka dengan adanya Kegiatan ini, kegiatan positif yang sangat baik, untuk madrasah dan Siswa tentunya, dan kami sangat berharap kegiatan ini diadakan secara rutin triwulan sekali atau dua bulan sekali. Hal ini sangat membantu Madrasah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang Bahaya Napza.

Sedangkan menurut Tim Penyuluh Puskesmas C. Nawangsasi mengatakan, kegiatan yang ditujukan bagi remaja Usia Sekolah khusunya di Madrasah Aliyah Al Muhajirin Tugumulyo. Hal ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para remaja, terutama tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan menghindari penggunaan Napza sejak dini.

“Remaja adalah generasi penerus yang akan menentukan nasib suatu bangsa ke depan, karena dari sekarang kita harus membantu remaja dalam memberikan pengetahuan tentang kesehatan,” katanya menuturkan.

Lebih lanjut Tim penyuluh menyampaikan Dampak negatif pemakaian NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif)  antara lain :

  1. Bagi kesehatan: kerongkongan panas, terganggunya fungsi organ-organ tubuh, kanker, kerusakan saraf dan otak, emosi tidak stabil, mengantuk, prestasi  menurun, dll
  2. Bagi ekonomi: dapat memperbanyak pengeluaran uang (tidak hemat), berbelanja untuk hal yang tidak bermanfaat, mengurangi pemenuhan kebutuhan pokok                        
  3. Bagi sosial: pemakai akan dikucilkan dari masyarakat karena sering berbuat yanq tidak baik/menimbulkan keresahan warga.

Dalam menanggulangi beredarnya NAPZA maka harus tercipta koordinasi yang baik antara pihak orang tua, sekolah/masyarakat dan pihak yang berwajib. Beberapa cara untuk mengatasi gerakan NAPZA adalah:

  1. Melaporkan segala bentuk kepemilikan, peredaran atau penyalahgunaan kepada pihak-pihak yang terkait
  2. Mempelajari dengan sungguh-sungguh akan bahaya yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi NAPZA          
  3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME
  4. Aktif di berbagai kegiatan positif, misalnya karang taruna, remaja masjid, perkumpulan olah raga, dll
  5. Berteman dengan orang yang tidak menggunakan NAPZA
  6. Belajarlah berkata “TDAK” Jika ditawari NAPZA
  7. Sering membaca cerita tentang bahaya/korban penggunaan NAPZA

Menjalin kerjasama/komunikasi  yang baik antara berbagai pihak  dan cara-cara lain untuk mencegah beredarnya NAPZA

Check Also

Sukses: Pelaksanaan KMS Kab. Musi Rawas

MA Al Muhajirin ikut berbangga atas suksesnya pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah yang oleh Kemenag Kabupaten …